5 Kapal Induk Terbesar & Termahal.

Aslidomino – Kapal induk bukan hanya kapal besar yang diciptakan untuk berperang. Kini, kapal induk adalah simbol prestise dan kekuatan bagi angkatan laut negara-negara di seluruh dunia.

“Kapal perang” model baru ini telah menjadi salah satu aset terbesar semua negara. Sejak awal, kapal-kapal ini diciptakan untuk membuat perbedaan besar dalam sistem pertahanan negara.

Dikenal sebagai pangkalan udara apung, kapal induk raksasa ini dilengkapi dengan fasilitas dek penerbangan lengkap yang mampu membawa, mempersenjatai, mengerahkan, dan memulihkan pesawat.

Berperan sebagai “ibu kota” kapal armada angkatan laut di tepi perairan, kapal-kapal ini dapat mengangkut banyak pesawat termasuk pesawat tempur, pesawat serang dan helikopter, dll.

Saat ini, sebagian besar negara-negara di dunia berlomba membangun kapal induk berteknologi canggih untuk melindungi hak dan kepentingan maritim mereka. Ada total 41 kapal induk aktif yang beroperasi oleh tiga belas angkatan laut di seluruh dunia.

Berikut adalah daftar 5 kapal induk dengan biaya pembuatan paling mahal yang saat ini beroperasi di seluruh dunia. Seperti Agen poker terpercaya kutip dari The Buzz dan Marine Insight.

5. Admiral Kuznetsov, Russia.

Kapal induk kelas Rusia Kuznetsov adalah salah satu kapal induk terbaik yang saat ini dalam pelayanan. Saat ini menjabat sebagai unggulan Angkatan Laut Rusia, kapal induk Admiral Kuznetsov yang memiliki 305 m ini memiliki perpindahan muatan penuh 58.500 ton.

Dengan kapasitas multi-perannya, kapal bersenjata berat ini memiliki potensi untuk melayani sebagai kapal induk selain diikat dengan persenjataan yang membuatnya cukup mematikan. Dengan fasilitas dek penerbangan 14.700 m², kapal induk ini mampu menampung pesawat Su-33, MiG-29K dan Su-25UTG / UBP STOVL, dan helikopter Ka-27S, Ka-27LD32 serta helikopter Ka-27PLO.

Admiral Kuznetsov juga dapat menampung 1.960 perusahaan kapal, 626 grup udara, dan 40 flagstaff di luar negeri. Dengan kemampuan tersebut, tak heran jika kapal ini dihargai 4 miliar dolar AS atau setara sekitar Rp58,32 triliun.

4. Type 001 Liaoning, China.

Satu-satunya kapal induk yang beroperasi dengan People’s Liberation Army Navy (PLAN) China, kapal induk jenis 001 Liaoning, dibangun dengan harga cukup fantastis yakni 4,2 miliar dolar AS atau sekira Rp61,25 triliun. Kapal ini juga didapuk menjadi kapal induk terbesar kelima di dunia.

Awalnya direncanakan sebagai pesawat kelas Kuznetsov kedua untuk Angkatan Laut Soviet, kapal kemudian dibeli oleh Cina setelah pembubaran Uni Soviet pada tahun 1991.

Kapal itu dibangun kembali dan ditugaskan untuk PLAN pada September 2012. Saat ini diklasifikasikan sebagai kapal pelatihan, Liaoning menawarkan platform bagi Angkatan Laut untuk bereksperimen, melatih, dan terbiasa dengan operasi kapal induk. Menggantikan lebih dari 58.000 ton (muatan penuh), Liaoning mampu membawa sekitar 50 pesawat termasuk pesawat sayap tetap dan helikopter.

3. Charles De Gaulle, Prancis.

Kapal bertenaga nuklir Prancis pertama, Charles De Gaulle, adalah salah satu unit kapal induk terpenting di Prancis dan telah beroperasi sejak tahun 2001. Kapal ini memiliki total bobot 36.000 ton dengan struktur 780X103X27.8 kaki. Dengan ukuran yang cukup besar, pembuatan kapal Charles De Gaulle menelan biaya sekitar 6 miliar dolar AS atau Rp87,49 triliun.

Dengan bobot mencapai 42.500 ton, kapal perang ini mampu mengangkut 40 pesawat sayap dan helikopter termasuk Dassault Rafale M, E-2C Hawkeye, Super √Čtendard, EC725 Caracal, AS532 Cougar, dan SA365 Dauphin. Kapal induk dapat mencapai kecepatan maksimum 27 knot dan telah dilengkapi dengan dua reaktor K17 sebagai penggerak.

2. Nimitz Class, AS.

Sepuluh kapal induk bertenaga nuklir kelas Angkatan Laut AS Nimitz adalah kapal induk terbesar kedua di dunia, baik dengan ukuran maupun harga. Kapal ini dibanderol dengan harga 9,36 miliar dolar AS atau jika dikonversi setara Rp136,49 triliun. Unit ini tentu saja salah satu yang terbaik karena memiliki semua fitur yang dibutuhkan oleh kapal perang.

Dinamai dari komandan Armada Pasifik AS saat Perang Dunia II Laksamana Armada Chester W. Nimitz, kapal utama kelas ini, USS Nimitz, dibangun pada 1968 dan baru diluncurkan pada Mei 1975 dan yang kesepuluh dan terakhir dari kelas, USS George H.W. Bush ditugaskan pada Januari 2009.

Dengan bobot muatan penuh 97.000 ton, kapal induk sepanjang 332,8 meter ini memiliki dek penerbangan seluas 4,5 hektar yang mampu mengangkut lebih dari 60 pesawat. Kapal-kapal ini yang dapat menampung 3.000 hingga 3.200 perusahaan kapal, 1.500 sayap udara dan 500 awak lainnya ditenagai oleh dua reaktor nuklir dan dapat mencapai kecepatan lebih dari 30 kt.

1. Gerald R. Ford, AS.
Gerald R. Ford, AS.
Gerald R. Ford, AS.

Terakhir dirangkum dari Agen domino terpercaya. Kapal induk terbesar di dunia kini milik kapal perang Angkatan Laut AS Gerald R Ford. Kapal induk pertama di kelas ini, USS Gerald R. Ford, mulai ditugaskan pada Mei 2017 dan empat kapal yang tersisa dari kelas ini sedang dalam konstruksi.

Dengan harga konstruksi 13 miliar dolar AS atau sekira Rp189.57 triliun, Gerald R. Ford diharapkan akan beroperasi penuh pada tahun 2020. Kapal ini memiliki bobot muatan penuh 100.000 ton, dek penerbangan selebar 78 meter, dan memiliki sistem peluncuran pesawat elektromagnetik, serta peralatan penangkap canggih.

USS Gerald R. Ford mampu membawa lebih dari 75 pesawat dan menampung 4.539 personel.

Ini juga seru : http://bahasadomino.org/misteri-kota-wentira/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *