5 Negara Tertua di Dunia.

Aslidomino – Sekarang, terdapat lebih dari 200 negara di dunia ini, negara-negara tersebut terbentuk pada waktu dan zaman yang berbeda serta pada lokasi yang berbeda. Alasan didirikannya negara tersebut juga bervariasi, mulai dari perdagangan hingga peperangan.

Jika kita bandingkan, negara-negara yang pertama didirikan jauh berbeda dengan negara sekarang. Mereka umumnya berbentuk kerajaan atau perkumpulan keluarga-keluarga yang memiliki dewan/pemimpin dan memiliki hukum yang kebanyakan berbentuk tidak tertulis.

Seiring dengan berjalannya waktu, banyak dari negara-negara tersebut yang sudah hancur, hilang, atau digantikan oleh negara lain. Batas-batas negara mereka berubah dan tradisinya pun berubah.

Tapi, tidak dapat dipungkiri bahwa negara-negara tersebut berhasil mencatatkan namanya dalam lembaran sejarah. Berikut ini adalah 5 negara yang paling tua di dunia yang dirangkum dari Agen poker terpercaya.

5. Ethiopia
Ethiopia
Ethiopia.

Ethiopia merupakan salah satu negara tertua di dunia yang memiliki sejarah panjang dan penuh warna. Wilayah ini sudah dihuni oleh manusia, atau proto-manusia seperti neanderthal dan sejenisnya, semenjak jutaan tahun yang lalu.

Kerajaan pertama di Ethiopia adalah kerajaan D’mt yang didirikan pada tahun 980 sebelum masehi. Kerajaan ini bersifat agraris subsisten sehingga mereka mengembangkan skema irigasi dan pertanian, menanam millet, membuat alat dari besi dan mulai menggunakan alat pembajak lahan.

Ethiopia merupakan satu satunya negara Afrika yang belum pernah dijajah oleh negara luar selama negara ini berdiri. Sebuah prestasi yang sangat membanggakan mengingat pada saat itu, Afrika dianggap layaknya sebuah kue yang diperebutkan.

4. India

Peradaban pertama di India muncul 10,000 tahun yang lalu, mereka menetap di lembah sungai indus sehingga dikenal sebagai indus valley civilization. Daerah ini merupakan tempat awal berkembangnya beberapa agama tertua di dunia seperti Jainisme, Hinduisme, dan Buddhisme.

Sepanjang sejarah, daerah ini dikenal dengan berbagai nama, mulai dari Aryavarta, Hindustan, hingga bharat. Kerajaan-kerajaan pertama dibentuk sekitar tahun 1,500 sebelum masehi dan berkuasa hingga akhir zaman vedic, yaitu sekitar tahun 600 sebelum masehi.

Setelah zaman vedic, daerah ini dikuasai oleh berbagai dinasti kuat, baik yang berasal dari luar seperti Mughal dan Timurid, atau yang berasal dari kerajaan-kerajaan lokal seperti Maratha dan Vijaynagar.

India modern terbentuk pada tahun 1947 dengan merdekanya british raj dari kolonialisme Inggris dan pengubahan namanya menjadi India.

3. Yunani

Dirangkum lebih jauh dari Agen domino terpercaya. Negara Yunani modern muncul pada tahun 1821 setelah terjadinya revolusi Yunani, namun, peradaban manusia di Yunani sudah ada sejak 4,000 tahun yang lalu.

Peradaban modern pertama di Yunani muncul pada tahun 800 sebelum masehi setelah bangsa Yunani berhasil keluar dari zaman kegelapan. Pada periode ini, Yunani kuno berhasil menciptakan huruf yunani (greek alphabet) dan mempraktekkan model awal demokrasi. Athena merupakan negara (city state) pertama yang mengadopsi sistem demokrasi pada tahun 508 sebelum masehi.

2. China

China kerap dianggap sebagai salah satu negara tertua di dunia. Peradaban manusia di wilayah China dapat kita tarik hingga lebih dari 4,000 tahun yang lalu. Namun, peradaban modern belum muncul hingga abad ke 17 sebelum masehi.

Dinasti pertama China adalah dinasti Shang yang didirikan pada abad ke 17 sebelum masehi dan berkuasa hingga abad ke 11 sebelum masehi. Menurut beberapa ahli sejarah, sebelum dinasti Shang terdapat dinasti lain, yaitu dinasti Xia yang berkuasa dari tahun 2070 sebelum masehi hingga 1600 sebelum masehi.

Namun, rakyat China sekarang menganggap tahun 221 sebelum masehi sebagai awal berdirinya negara China modern. Pada saat itu, kaisar Qin Shi Huang dari dinasti Qin mendeklarasikan dirinya sebagai kaisar pertama seluruh China. Setelahnya, budaya dan tradisi China yang beragam dipersatukan oleh dinasti Han pada abad ke 3 setelah masehi.

1. Mesir

Kerajaan Pertama Mesir Didirikan Pada tahun 3100 Sebelum Masehi oleh Raja Menes
Diperkirakan, manusia pertama sudah bermukim di lembah sungai Nil sejak tahun 6000 sebelum masehi. Manusia-manusia ini kelak akan bertransformasi menjadi bangsa Mesir kuno.

Menurut sejarawan, Kerajaan pertama Mesir didirikan pada tahun 3100 sebelum masehi oleh seorang raja bernama Menes. Raja Menes berhasil mempersatukan Mesir Atas dan Mesir Bawah menjadi satu kerajaan. Kerajaan ini memiliki ibu kota di Memphis, sebuah kota kuno di dekat Cairo.

Setelah kerajaan pertama ini, akan muncul banyak kerajaan-kerajaan lain yang menjadi penerusnya. Pada kerajaan-kerajaan penerus inilah kita akan menemukan nama fir’aun Ramses, Tuthankamun, Thutmose, dan Cleopatra.

Ini juga seru : http://bahasadomino.org/penghasil-batu-bara-terbesar-di-dunia/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *