Cekungan Eurasia
7 Palung Laut Terdalam di Bumi.

Aslidomino – Berbicara soal tempat tertinggi di dunia, kita pasti langsung merujuk ke Gunung Everest yang terletak di antara Tibet dan Nepal. Lalu, di manakah tempat terdalam di dunia? Jawabannya adalah palung Mariana yang terletak di dasar barat laut Samudra Pasifik dan tak jauh dari Jepang.

Rupanya, ada banyak palung laut di dunia ini selain palung Mariana. Penasaran kan terletak di mana saja dan berapa kedalamannya? Simak rangkuman Agen poker terpercaya di bawah ini.

1. Cekungan Eurasia.

Pertama, ada cekungan Eurasia, yang dibatasi oleh Greenland, Lomonosov Ridge, yakni punggungan bawah laut di Samudera Arktik serta Laut Laptev, Laut Kara dan Laut Barents. Kedalaman cekungan Eurasia adalah 5.449 meter di bawah permukaan laut.

Menurut para peneliti, cekungan Eurasia bisa dilihat sebagai perpanjangan dari Cekungan Atlantik Utara melalui Selat Fram. Diperkirakan, cekungan Eurasia tercipta sekitar 53 juta tahun yang lalu.

2. Lubang Molloy.

Molloy deep alias lubang Molloy adalah fitur batimetri di Selat Fram, Laut Greenland, sekitar 160 kilometer di bagian barat Svalbard. Kedalaman pinggiran luar lubang adalah 2.700 meter dan bagian paling dalam adalah 5.600 meter di bawah permukaan laut.

Lubang Molloy punya lantai cekungan dengan luas 220 km2 dan menjadi titik terdalam di Samudera Arktik. Menariknya, palung ini dinamai sesuai nama Arthur E. Molloy. Ia adalah ilmuwan peneliti Angkatan Laut AS. Orang pertama dan satu-satunya yang berhasil mencapai dasar lubang Molloy adalah Victor Vescovo yang dilakukan pada 24 Agustus 2019 lalu.

3. Palung Diamantina.

Selanjutnya, ada palung Diamantina yang berlokasi di barat daya Perth, Australia Barat. Palung Diamantina membentang seluas 1.900 kilometer dari Ninety East Ridge ke Naturaliste Plateau. Titik terdalamnya berada di Samudera Hindia dengan kedalaman 7.079 meter di bawah permukaan laut.

Namun, beberapa ahli masih bersilang pendapat mengenai kedalaman palung Diamantina. Menurut laman Sciencing, bagian terdalam palung ini adalah 8.047 meter di bawah permukaan laut. Lebih lanjut, palung Diamantina disebut sebagai palung terdalam kesebelas di dunia. Wow!

4. Palung Sandwich Selatan.

Sesuai namanya, palung Sandwich Selatan terletak 100 kilometer di sebelah timur Kepulauan Sandwich Selatan, Britania Raya. Ini adalah parit arkuata yang cukup dalam di Samudera Atlantik Selatan. Menariknya lagi, Kepulauan Sandwich Selatan adalah busur vulkanik dengan gunung berapi aktif di sekelilingnya.

Mau tahu, panjang dan kedalaman palung Sandwich Selatan? Panjangnya adalah 965 kilometer dengan kedalaman maksimal 8.266 meter di bawah permukaan laut! Pengukuran ini dilakukan dengan sonar multibeam Kongsberg EM124 dari 2-7 Februari 2019 saat Five Deeps Expedition berlangsung.

5. Palung Puerto Rico.

Selanjutnya, ada palung Puerto Rico. Lokasinya terletak di perbatasan antara Laut Karibia dan Samudra Atlantik. Bagian parit memiliki panjang 800 kilometer. Sementara, palungnya memiliki kedalaman 8.376 meter di bawah permukaan laut.

Berdasarkan studi ilmiah yang dilakukan, gempa bumi yang terjadi di sepanjang zona patahan ini bisa menghasilkan tsunami yang signifikan dan merusak. Salah satu contohnya adalah gempa bumi San Fermin yang terjadi pada 11 Oktober 1918 dan menyebabkan tsunami yang merusak.

6. Palung Filipina.

Palung Filipina memiliki nama lain palung Mindanao. Ini adalah parit bawah laut di sebelah timur Filipina, di bagian barat Samudera Pasifik Utara dengan panjang 1.320 kilometer dan lebar sekitar 30 kilometer. Parit ini membentang dari pusat pulau Luzon Filipina ke pulau Halmahera di Maluku Utara.

Tak tanggung-tanggung, titik terdalam palung ini adalah 10.540 meter di bawah permukaan laut! Diperkirakan, palung ini terbentuk sekitar 8-9 juta tahun yang lalu. Palung Filipina berada di urutan ketiga palung terdalam di dunia. Di urutan pertama adalah palung Mariana dan disusul oleh palung Tonga.

7. Palung Tonga.
Palung Tonga
Palung Tonga.

Terakhir, ada palung Tonga. Ini adalah palung terdalam kedua di dunia setelah palung Mariana. Lokasinya terletak di barat daya Samudra Pasifik dan menjadi parit terdalam di belahan bumi selatan. Bagian terdalam dari palung Tonga adalah lubang Horizon dengan kedalaman 10.800 meter di bawah permukaan laut.

Menariknya lagi, palung Tonga memiliki biodiversitas dan keanekaragaman biota laut, seperti cacing gelang yang melimpah. Anyway, titik terdalam palung Tonga, lubang Horizon, pertama kali ditemukan pada Desember 1952.

Itulah 7 palung terdalam di dunia selain palung Mariana yang dirangkum dari Agen domino terpercaya.

Ini juga seru : http://bahasadomino.org/5-kapal-induk-terbesar-termahal/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *