Negara Terbesar di Dunia Saat Ini.

Aslidomino – 5 Negara terbesar di dunia mencakup hampir 40% luas daratan bumi, sekitar 149 juta km2. Negara-negara ini mencakup bentang alam yang sangat beragam, mulai dari hutan hujan tropis, padang gurun, tundra, hingga lapisan tanah beku permafrost.

Menariknya, negara-negara ini memiliki batas wilayah yang berubah-ubah seiring dengan waktu. Dahulu, saat zaman kerjaan Romawi, kerajaan itulah yang memiliki luas lahan paling besar di dunia, pada saat zaman kekhalifahan islam, merekalah yang memiliki luas lahan paling besar di dunia, pada zaman kekaisaran Mongolia Genghis Khan, kekaisaran tersebutlah yang memiliki luas lahan terbesar, begitu pula dengan kerajaan Inggris Raya pada saat zaman kolonialisme.

Karena luas wilayah suatu negara berubah-ubah, sulit untuk menentukan secara definitif negara mana yang paling besar dan mana yang paling kecil. Namun, berikut 5 negara terbesar di dunia pada saat ini, diukur dari luas daratannya.

5. Brazil (8.51 juta km2)
Hutan hujan Amazon
Hutan hujan Amazon.

Dirangkum dari Agen poker terpercaya. Brazil merupakan negara terbesar di Amerika Selatan dengan luas wilayah mencapai 8.51 juta km2. Negara ini merupakan rumah bagi hutan hujan terbesar di dunia, yaitu hutan hujan Amazon. Hutan ini sangat tebal dan besar sehingga peneliti dan penjelajah telah menemukan beberapa suku manusia yang belum pernah berkontak dengan dunia luar.

Negara ini memiliki garis pantai yang cukup panjang di segi Timur, berbatasan dengan Samudera Atlantik, yaitu sepanjang 8,000 km. Mayoritas kota-kota besar di Brazil terletak di pesisir pantai seperti Rio de Janeiro dan Sao Paulo.

4. Republik Rakyat China (9.6 juta km2)

China, Amerika Serikat, dan Canada mencakup hampir 11% luas wilayah permukaan bumi. China sendiri memiliki luas tanah sekitar 9.6 juta km2, menempatkannya pada posisi 4 di peringkat 10 besar negara terbesar di dunia.

China memiliki perbatasan dengan 14 negara yang antara lain adalah Afghanistan di Barat, Rusia di Utara, dan Vietnam di Selatan. China merupakan negara terbesar yang sepenuhnya terletak di benua Asia, di Asia sendiri, hanya Rusia yang lebih besar, meskipun negara itu kerap dianggap sebagai negara Eropa.

Iklim dan kondisi geografis di China sangat beragam, di daerah Utara seperti Heillongjiang, suhu udara umumnya berada di bawah titik beku, di tengah, terdapat gurun terbesar ke 4 di dunia yaitu Gurun Gobi, sedangkan di Selatan mayoritasnya memiliki iklim tropis.

China memiliki penduduk sekitar 1.35 milyar orang, jumlah ini terbagi menjadi 56 grup ethnic yang telah diketahui dengan ratusan bahkan ribuan grup ethnic lainnya yang belum tercatat. Negara ini memiliki jumlah penduduk muslim ke 18 terbesar di dunia dan kristen terbesar ke 19 di dunia.

Negara ini juga memiliki dokter yang sangat banyak meskipun rasionya rendah, dengan 1.9 dokter per 1000 penduduk, China memiliki lebih banyak dokter dibandingkan penduduk negara Qatar.

3. Amerika Serikat (9.63 juta km2)

Dirangkum lebih jauh dari Agen domino terpercaya. Amerika Serikat memiliki luas wilayah 9.63 juta km2, sedikit lebih luas dibandingkan dengan China namun sedikit lebih kecil jika dibandingkan dengan Canada. Negara ini berbatasan dengan Canada di Utara dan Meksiko di Selatan, karena wilayanya yang berada di tengah, Amerika Serikat memiliki bentang alam dan flora dan fauna yang sangat beragam.

Dua bentang alam besar yaitu Pegunungan Rocky dan Sungai Mississippi memisahkan negara ini menjadi tiga bagian. Negara bagian pasifik yang terletak di sebelah Barat Pegunungan Rocky memiliki iklim tropis dan garis pantai California yang sangat panjang.

Negara bagian tengah merupakan rumah bagi padang besar Great Plains yang sangat subur, daerah ini membentang dari Canada di Utara hingga Meksiko di Selatan, daerah ini sangat cocok untuk pertanian.

Negara bagian Timur terletak di sebelah Timur Sungai Mississippi, daerah ini merupakan pusat industri dan penduduk Amerika Serikat. Mayoritas kota-kota besar seperti Boston, Pennsylvania, Washington, dan New York terletak di daerah pesisir Timur ini.

2. Canada (9.98 juta km2)

Canada merupakan negara terbesar di benua Amerika dan kedua terbesar di dunia dengan luas wilayah sebesar 9.98 juta km2. Negara ini juga memiliki garis pantai sepanjang 202,308 km2. Canada merupakan salah satu negara dengan kepadatan penduduk terendah di dunia, dengan kepadatan hanya 4 orang per km2.

Terletak di antara Amerika Serikat dan Kutub Utara, Canada memiliki iklim yang sangat dingin dan tidak bersahabat. Namun, terdapat daerah di Selatan, di perbatasan dengan Amerika Serikat, yang sangat cocok untuk aktivitas pertanian dan tempat tinggal, Lebih dari setengah penduduk Canada tinggal di daerah ini.

Seperti Amerika Serikat, negara ini terbagi menjadi tiga bagian, dengan bagian Barat dibatasi oleh Pegunungan Rocky, daerah tengah terdapat prairies yang cocok untuk pertanian gandum dan canola, sedangkan daerah Timur merupakan pusat kota-kota besar Canada seperti Montreal, Toronto, dan Ottawa.

1. Rusia (17.1 Juta km2)

Rusia merupakan negara terbesar di dunia dengan luas wilayah daratan sejumlah 17.1 juta km2. Negara ini terletak di dua benua yang berbeda yaitu benua Eropa dan benua Asia. Sehingga, dapat dianggap bahwa Rusia merupakan negara terbesar di benua Eropa maupun Asia.

Seperti China, negara ini juga mempunyai perbatasan dengan 14 negara. Namun, Rusia tidak mempunyai daerah tropis di wilayahnya, meskipun terdapat musim panas basah di beberapa bagian selatan Rusia.

Bioma terrestrial terbesar dunia yaitu Taiga terbentang dari Canda Timur hingga seluruh wilayah Rusia. Negara ini juga memiliki sangat banyak sumber daya alam dalam bentuk minyak bumi, gas alam, logam mulia serta berlian. Namun, karena topografi dan iklim yang kurang bersahabat, eksploitasi sumber daya ini kurang berkembang.

Ini juga seru : http://bahasadomino.org/5-negara-tertua-di-dunia/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *