Penghasil Batu Bara Terbesar di Dunia.

Aslidomino – Batu bara memegang peranan yang sangat penting dalam tatanan energi dunia, lebih dari 40% listrik di dunia dihasilkan oleh pembangkit listrik yang membakar batu bara. Tidak lama lagi, batu bara akan menggantikan minyak bumi sebagai sumber energi utama bagi negara-negara di seluruh dunia.

Batu bara banyak digunakan sebagai sumber energi karena tersedia dalam jumlah banyak dan di berbagai tempat, serta harganya yang jauh lebih murah dibandingkan dengan sumber energi lainnya.

Meskipun sumber daya alam yang dapat diperbarui seperti air, angin dan matahari semakin merajalela, keuntungan-keuntungan ini masih memastikan dominasi batu bara pada pasar energi global.

Batu bara tergolong sebagai sumber daya yang tidak dapat diperbarui, namun, persediaan batu bara di dunia masih sangat banyak. Perkiraan terakhir menyatakan bahwa persediaan batu bara di perut bumi berkisar pada angka 869 milyar ton.

Berdasarkan data ini, stok batu bara diprediksi akan tahan 115 tahun lebih lama dibandingkan dengan stok minyak dan gas jika digunakan secara terus menerus.

Kurang lebih 70% pasokan batu bara dunia diproduksi oleh 5 negara berikut ini. Berikut rangkuman dari Agen poker terpercaya.

5. Indonesia (461 Juta Ton)

 

Batu Bara
Batu Bara.

Salah Satu Tambang Batu Bara di Indonesia yang Besar adalah Tambang Bukit Asam di Sumatera
Indonesia merupakan negara dengan produksi batu bara terbesar di Asia Tenggara, dan terbesar ke tiga di Asia. Pada tahun 2018, Indonesia memproduksi 461 juta ton batu bara, sedikit dibawah Australia.

Meskipun batu bara menyumbang 44% dari total energi listrik Indonesia, permintaan domestik baik itu dari industri maupun pembangkit listrik tidak terlalu tinggi, sehingga Indonesia bisa berfokus pada ekspor batu bara.

Indonesia merupakan negara pengekspor batu bara terbesar ke dua di dunia, setelah Australia. Pada tahun 2016, Indonesia menjual sekitar 369 juta ton batu bara ke pasar luar negri.

Mayoritas batu bara Indonesia diproduksi di pulau Kalimantan dan pulau Sumatera. Tambang-tambang besar Indonesia dikuasai perusahaan-perusahaan swasta seperti PT. Bukit Asam di Sumatera, PT. Adaro Energy di Kalimantan, dan PT. Bumi Resources di Kalimantan.

4. Australia (481 Juta Ton)

Dirangkum lebih jauh dari Agen domino terpercaya. Australia merupakan negara dengan produksi batu bara terbesar di Oseania, dan terbesar ke empat di dunia. Pada tahun 2018, Australia memproduksi sekitar 481 juta ton batu bara yang mayoritasnya dijual ke luar negri.

Australia merupakan negara pengekspor batu bara paling banyak di dunia. Pada tahun 2016, Australia mengekspor sekitar 391 juta ton batu bara. Aktivitas perdagangan ini menghasilkan keuntungan yang sangat besar bagi pemerintah Australia dalam bentuk devisa.

Tercatat, Australia memiliki lebih dari 100 tambang batu bara swasta yang menyumbang 74% dari produksi total batu bara negara ini.

3. Amerika Serikat (702.3 Juta Ton)

Amerika Serikat merupakan negara dengan produksi batu bara terbesar di benua Amerika dan ke tiga di dunia. Pada tahun 2018, Amerika memproduksi sekitar 702 juta ton batu bara, baik untuk pasar domestik maupun ekspor.

Batu bara memegang peranan yang cukup penting dalam ranah energi di Amerika Serikat. Tercatat, listrik yang dihasilkan oleh pembangkit listrik tenaga batu bara menyumbang hampir 37% dari total produksi listrik nasional.

Mayoritas batu bara yang diproduksi Amerika Serikat dikonsumsi secara domestik. Tercatat bahwa Amerika hanya mengekspor 56 juta ton batu bara pada tahun 2016. Namun, jumlah ini diprediksi akan naik seiring dengan beralihnya Amerika dari pembangkit listrik tenaga batu bara yang kotor ke gas alam atau energi terbarukan lainnya yang lebih bersih.

2. India (716 Juta Ton)

India merupakan negara dengan produksi batu bara terbesar kedua setelah China. Pada tahun 2018, India memproduksi sekitar 716 juta ton batu bara untuk kebutuhan domestik dan luar negri.

Namun, kenyataannya, kebutuhan batu bara domestik India lebih besar dibandingkan dengan kemampuan produksinya. Oleh karena itu, hampir semua batu bara yang diproduksi India digunakan oleh pasar domestik. India pun harus mengimpor batu bara dalam jumlah banyak untuk menyokong pertumbuhan ekonominya yang pesat.

1. China (3523.2 Juta Ton)

China Memiliki Banyak Sekali Tambang Batu Bara, Baik yang Skala Kecil maupaun Skala Besar Untuk Memenuhi Kebutuhan Batu Baranya

Selama tiga dekade terakhir, China merupakan produsen batu bara terbesar di dunia. Pada tahun 2018, China memproduksi 3,52 milyar ton batu bara, sebuah jumlah yang sangat fantastis jika kita bandingkan dengan India yang berada pada peringkat dua.

Meskipun memiliki produksi batu bara yang sangat tinggi, China juga merupakan pengimpor batu bara terbesar di dunia. Hal ini terjadi lantaran tambang-tambang di China tidak mampu memenuhi kebutuhan domestiknya. Kebutuhan batu bara domestik China sangatlah besar, selain karena pertumbuhan ekonominya yang cepat, China juga melakukan industrialisasi dan pelistrikan besar-besaran pada daerah rural.

Diketahui bahwa China menggunakan setengah dari batu bara yang diproduksi dan diimpornya untuk pembangkitan listrik. Meskipun China memiliki banyak pembangkit listrik tenaga air, persentase energi listrik yang dihasilkan oleh pembangkit batu bara masih tinggi, yaitu sekitar 80%.

Ini juga seru : http://bahasadomino.org/negara-penghasil-jagung-terbesar-di-dunia/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *